Kenapa Hidup tidak tenang ?

belajar dari hidup tidak tenang
Apakah hidup anda sedang tidak tenang ? Setiap ada orang yang mengetuk pintu hati kita bergetar kaget ketakutan. Salah tingkah jika bertemu dengan orang lain. Tidur gelisah tidak nyenyak. Enggan atau takut jika menghadapi esok siang. Rasanya lebih baik meninggalkan dunia ini dari pada hidup terus begini, bagian ini yang paling parah. Semuanya membuat hidup tidak tenang. Bingung bagaimana cara agar hidup tenang.

Saat ini mungkin ada dari kita yang sedang merasakan atau mengalaminya. Bahkan tidak dipungkiri  semua orang pasti pernah mengalaminya. termasuk sayapun pernah heheheh..

Apakah yang menjadi penyebabnya hidup tidak tenang ?

Saya akan coba share dari apa yang pernah saya alami dan terapinya agar hidup kita tenang. Saya bukan bermaksud menggurui atau apalah namanya, saya hanya menulis kenangan saya masa lalu mudah-mudahan bisa jadi pembelajaran bagi saya kembali dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

1.  Hal pertama yang membuat hidup tidak tenang adalah UTANG


Ya utang, utang menjadikan hidup saya tidak tenang. Utang besar ataupun kecil tetap saja membuat hidup saya tidak tenang. Apalagi utang ke Bank, selain bunganya besar dan tidak terasa bunganya mencekik. Jika kita jeli, besar bunga bank jika diakumulasi hampir 100 %. Ah .. utang Bank membuat hidup terasa sempit. Utang pada personal juga sama membuat hidup terasa sempit.

Dengan berutang sebenarnya kita menggadaikan kebahagiaan kita di masa depan. Awalnya terasa enak mendapat uang besar, padahal jika kita resapi ternyata sebaliknya. Mungkin ada orang yang bilang utang itu baik, itu sih bagaimana persersi kita.

Janganlah terbiasa untuk berutang. Baca artikelnya di sini >> baca <<

Terapinya :

  • Sekuat tenaga kita jangan berutang dengan cara mengatur pola hidup kita.
  • Jika ingin berutang hitung dengan matang semua resiko yang bakal menimpa kita.
  • Jika hendak berbisnis, jangan mulai dengan cara berutang karena akan ada masalah dikemudian hari.
  • Berusaha melunasi utang-utang yang sudah ada dan stop atau rem keinginan berutang kembali.
  • Belajar mengelola keuangan kita.


2. Lari dari masalah, membuat hidup tidak tenang.


Masalah adalah suatu keniscayaan bagi kita yang masih tinggal di dunia. Tidak mungkin manusia bisa lepas dari yang namanya masalah. Dan siapa sih orangnya yang tidak mempunyai masalah ? kecuali orang tidak waras dan orang yang telah meninggal. Jadi jika ingin tidak punya masalah yah tinggal pilih dari kedua kategori tadi.

Masalah bisa timbul karena ada pihak dari luar kita ataupun ulah diri kita sendiri, istilahnya kita membuat masalah sendiri. Ada masalah yang datang dan ada masalah yang dibuat. Berbohong adalah penimbul masalah paling sering dalam hidup.

Sebuah masalah yang menimpa kita disadari ataupun tidak akan membuat diri kita kurang nyaman dan tidak tenang. Baik masalah besar atau bahkan masalah kecil pun sama saja membuat hidup tidak tenang.

Terapinya :

  • Hanya ada satu terapinya, yaitu HADAPI jangan lari, itu saja.

Hidup adalah akumulasi dari beberapa masalah, setiap hari masalah silih berganti. Masalah satu datang belum    diselesaikan, datang lagi masalah baru. Jadikalah sebuah masalah menjadi pembelajaran kita yang tidak didapatkan dari bangku sekolah.

3. Lalai dalam Ibadah faktor utama hidup tidak tenang.


Tuhan telah menciptakan kita semua dengan sempurna, lengkap dengan semua potensi yang dibutuhkan untuk mengarungi kehidupan.

Hidup tidak tenang adalah akibat dari seringnya lupa atas kewajiban terhadap Sang Pencipta. Kita sering lupa bahwa kita adalah mahluk ciptaan bukan mahluk hasil ciptaan sendiri.

Yang di rasakan jika jauh dengan Alloh SWT sebagai pencipta saya yaitu hidup sering gelisah, hampa, galau, dan lain-lain yang membuat hidup tidak tenang.

Terapinya :

  • Taubat, kita akui kelalaian kita dan berusaha sekeras mungkin untuk tidak kembali melalaikan-Nya.
  • Perbaiki ibadah kita, Sholat kita perbaiki rukun dan sunatnya, Belajar shaum sunnah, Lakuakan sholat-sholat sunat.
  • Bergaul dengan orang-orang yang bagus imannya.
  • Belajar berdakwah, bukan ceramah didepan banyak orang, tapi mengajak orang ke jalan yang lebih baik. Dengan kita mengingatkan orang, kita pun akan selalu ingat.

4. Belum punya tujuan jelas dalam hidup sering membuat hidup tidak tenang.


Belakangan ini hidup sering tidak tenang, gelisah, galau dan lainnya. Setelah saya evaluasi, ternyata saya belum mempunyai tujuan yang jelas dalam hidup ini. Tidak tau saya mau ngapain, berjalan seperti tidak menapak, menatap namun tatapan kosong.

Ketika melihat orang lain yang telah sukses saya menjadi sadar bahwa mereka telah mempunyai tujuan yang jelas. Mereka telah berjalan dijalan yang mereka inginkan, sehingga mereka bisa hidup dengan bergairah. Mereka hidup bukan di bawah rencana orang lain, namun mempunyai rencana hidup sendiri.

Terapinya :

  • Bangunlah impian yang jelas dan terperinci.
  • Jadika impian sebagai jalan hidup.
  • Action-action-action dan action. Realisasikan impian itu.

==Semoga hidup bisa lebih tenang==

Ditulis Oleh : optimasi belajar // Senin, Juni 03, 2013
Kategori:

2 komentar:

Gus Nando mengatakan...

Terima kasih
akan saya coba
beberapa bulan ini saya merasakan hal ini
:)

noor mahendra mengatakan...

terimaksh tulisannya